Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
Daerah

Masyarakat Respon Pengaspalan Jalan Parsaoran Lae Tanggiang

58
×

Masyarakat Respon Pengaspalan Jalan Parsaoran Lae Tanggiang

Sebarkan artikel ini
Masyarakat Respon Pengaspalan Jalan Parsaoran Lae Tanggiang
Masyarakat Respon Pengaspalan Jalan Parsaoran Lae Tanggiang. (Foto: Fernand Sidabutar)
Example 468x60

urainews.com || Dairi. Masyarakat Respon Pengaspalan Jalan Parsaoran – Lae Tanggiang

Peningkatan infrastruktur memiliki korelasi positif dengan Nilai Tukar Petani (NTP). Hal ini dikarenakan infrastruktur yang baik dapat menekan biaya produksi. Sehingga selisih nilai jual dan modal dapat semakin besar, ini yang kemudian kita sebut sebagai profit atau keuntungan.

Example 300x600

Demikian pernyataan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat meninjau pembangunan jalan Jrs. Parsaoran – Lae Tanggiang sepanjang 2,3 km. Hal ini Buapati sampaikan saat kunjungan kerja di Desa Pegagan Julu VII, Kecamatan Sumbul, Senin (29/1/2024).

“Jalan ini dibangun pada Tahun 2023 menggunakan anggaran dari DAK. Oleh karena itu, kita perlu menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri yang telah membantu pembangunan jalan ke pasar,” katanya.

Baca juga :

“Cita-cita kita bersama, Dairi Unggul selalu kita upayakan agar manfaatnya dapat terasa di masyarakat. Diantaranya melalui perbaikan infrstruktur. Jika profit petani meningkat, maka NTP petani dapat meningkat secara umum, yang artinya petani jadi sejahtera,” tambahnya.

Eddy Berutu menyampaikan, NTP menggambarkan tingkat daya beli petani terhadap produk yang petani beli yaitu barang konsumsi dan input produksi. Semakin tinggi nilai tukar petani semakin baik daya beli petani terhadap produk konsumsi tersebut. Berarti petani relatif lebih sejahtera. Pada Tahun 2019 Nilai Tukar Petani 100,10 dan Tahun 2022 meningkat menjadi 124,56.

Masyarakat Respon Positif

Pada kesempatan yang sama, Johar Sitanggang, warga Desa Pegagan Julu VII menyampaikan masyarakat respon positif pembangunan jalan tersebut dan memberikan apresiasi kepada Bupati Dairi. Karena menurutnya, Bupati selalu berupaya meningkatkan pembangunan di Dairi, khususnya Kecamatan Sumbul.

“Kami sangat senang. Akses antara Parsaoran sampai Sumbul semakin lancar. Jalan yang sebelumnya (lebarnya) hanya beberapa meter saja kini sudah lima meter. Terima kasih Pak Bupati, yang sudah gencar menghubungi pusat untuk pembangunan jalan ini,” katanya.

Kalau bisa menambah, kata Johar, mereka berharap perbaikan jalan ini dapat di perluas hingga simpang Tanjung Beringin.

http://siaganews.com

Turut mendampingi Eddy Berutu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat, Kepala Dinas PUTR Masaraya Brutu, Kepala BPBD Hotmaida Butar-butar, Kepala Dinas Kesehatan Henry Manik.

Selanjutnya turut hadir Kepala Dinas Pertanian Robot Manullang, Kepala Dinas Sosial Agel Siregar, Kepala Dinas Pemdes Simon Toni Malau, Kepala Dinas Perindagkop Iwan Taruna Berutu. Tidak ketinggalan jajaran Pemerintah Desa Pegagan Julu VII, Camat Sumbul Jaspin Sihombing, dan Perangkat Desa Pegagan Julu VII.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *