Scroll untuk baca artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
Daerah

Dairi – USAID Kolaborasi Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

21
×

Dairi – USAID Kolaborasi Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Sebarkan artikel ini
Dairi - USAID Kolaborasi Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi
Example 468x60

a ianURAINEWS.COM // DAIRI. Dairi – USAID Kolaborasi Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi.

Pemerintah Kabupaten Dairi bersama United States Agency for International Development (USAID) Momentum Sumatera Utara saling berkolaborasi dan meningkatkan koordinasi dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan khususnya untuk menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

Example 300x600

Hal tersebut di tandai dengan penandatanganan komitmen bersama peningkatan kualitas pelayanan kesehatan oleh Pemkab Dairi. USAID Momentum memjadi saksi dalam kegiatan rapat koordinasi kesehatan Selasa 11 Juni 2024 di ruang rapat Sekretariat Daerah Pemkab Dairi.

Komitmen bersama tersebut ditandatangani oleh Penjabat (Pj) Bupati Dairi Surung Charles Bantjin yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah Jonny Hutasoit. Senior Program Manager USAID Momentum Sumatera Utara Apsari Dlana Kusumastuti turut memyaksikam penandatanganan tersebut.

Selanjutnya penandatanganan komitmen tersebut di lakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Henry Manik, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Simon Tonny Malau, Sekretaris Bappeda Lasma Samosir bersama para Camat dan Kepala Puskesmas yang menjadi dampingan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP), Kepala RSUD Sidikalang Mei Sitanggang dan Kepala Rumah Sakit Serenapita.

Kemudian Pj Bupati Dairi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj Sekretaris Daerah mengatakan Dairi menjadi salah satu daerah yang mengalami naik turun kasus kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir.

AKI dan AKB merupakan salah satu indikator kabupaten yang sejahtera dan tingkat keberpihakan terhadap perempuan dan masa depan kabupaten.

Baca juga : 

“Saya menginginkan informasi yang lebih detail dengan kondisi pelayanan kesehatan di Dairi. Hal itu, sejalan dengan upaya transformasi kesehatan yang sedang di canangkan oleh pemerintah pusat. Salah satunya adalah bagaimana Dairi dapat menerapkan secara baik program transformasi untuk integrasi pelayanan kesehatan primer. Program yang dapat membantu menekan angka kematian ibu dan bayi,” kata Surung Chales Bantjin dalam sambutan tertulisnya.

Integrasi pelayanan kesehatan primer pada dasarnya mampu memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas di dapatkan oleh semua jiwa.  Kemudian status kesehatan masyarakat terdata dengan baik dan benar.

Sehingga, dengan hadirnya implementasi integrasi pelayanan kesehatan primer, Charles berharap tindakan yang tepat untuk pelayanan kesehatan dapat terlaksana dan angka kematian ibu dan angka kematian bayi tidak terjadi lagi.

http://alogonews.com

Sementara Senior Program Manager USAID Momentum mengatakan sangat mengapresiasi langkah yang dlakukan dalam hal peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

“Menurunkan angka kematian ibu dan bayi baru lahir dapat di cegah di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta. Dengan meningkatkan akses dan pelayanan kualitas pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, dukungan dari semua stakeholder sangat penting untuk mengintervensi dalam menekan jumlah kematian. Dairi menjadi satu-satunya Kabupaten di Sumatera Utara yang melakukan inovasi penurunan AKI AKB dengan memperkuat implementasi ILP,” ujar Apsari Dana yang hadir bersama Ketua Tim Mentor AKI dan AKB dr. David Luther Lubis.

Sebagai informasi, Kabupaten DAIRl menjadi salah satu lokus pendampingan USAID Momentum dalam kegiatan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer dari 4 Kabupaten di Sumatera Utara. (Fs)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *